Fitur Baru Sispena 2.0 "Fitur Mengajukan Banding"


Salam semangat buat Bunda-bunda PAUD serta rekan Operator Sekolah. Belum lama ini admin melakukan pengecekan data beberapa lembaga PAUD yang telah di visitasi oleh Assesor BAN PAUD PNF. Pada saat pengecekan tersebut, admin menemukan satu fitur baru barangkali rekan sekalian lebih duluan tahu dibandingkan admin, karena admin baru saja melakukan pengecekan SISPENA 2.0. Apa sih admin fitur barunya? Iya, fitur terbarunya adalah Fitur Banding atau Mengajukan Banding di SISPENA 2.0.

Fitur Baru Sispena 2.0 "Fitur Mengajukan Banding"

Pada saat admin melakukan pengecekan fitur baru tersebut, untuk apa fungsinya dan bagaimana cara kerjanya, namun sayangnya Masa Banding di salah satu lembaga "Masa Banding Sudah Habis!!". 

Dari sini admin dapat menyimpulkan Fitur Banding ini berfungsi atau bertujuan untuk kita melakukan Pengajuan Banding terhadap Hasil Pemeriksaan EDS-PA, karena bagi rekan yang selalu melakukan pengecekan Hasil Pemeriksaan EDS-PA akan menemukan pemberitahuan hasil penilaian "Sesuai - Belum Dinilai - Tidak Sesuai". Apabila hasil penilaian EDS-PA Tidak Sesuai inilah kita bisa melakukan banding ini berdasarkan analisa admin. Namun, untuk melakukan Pengajuan Banding baru bisa dilakukan apabila Proses Akreditasi Lembaga sudah berada di Tahap Validasi dan Verifikasi oleh Assesor. Dan kapan waktu mengajukan banding pada saat assor mevalidasi dan verifikasi bisa jadi rentang waktu pada saat assesor sedang melakukan validasi dan verifikasi. Karena pengalaman dari Lembaga yang sudah validasi dan verifikasi dimana setelah beberapa hari assesor melakukan validasi dan verifikasi Fitur Banding sudah tidak bisa digunakan dalam artian muncul pemberitahuan Masa Banding Sudah Habis. 

Admin sarankan kepada Bunda-bunda PAUD untuk lebih rajin melakuan pengecekan Hasil Pemeriksaan EDS-PA, terkhusus bagi lembaga yang sudah di visitasi dan masuk ke tahapan Validasi dan Verifikasi Assesor. Silahkan gunakan dengan sebaik mungkin fitur Banding tersebut. 

Catatan: "Fitur Banding baru bisa digunakan apabila Lembaga sudah di Tahap Validasi dan Verifikasi Assesor".

Berikut ini admin bagikan informasi Perbandingan Kapan Fitur Baru SISPENA 2.0 Fitur Mengajukan Banding Baru Bisa Digunakan :

I. Proses Akreditasi Lembaga di Tahap Validasi dan Verifikasi 

1. Silahkan akses SISPENA 2.0 terlebih dahulu, berikut ini link aksesnya :

Silahkan login SISPENA 2.0 menggunakan NPSN sekolah. 

Gambar. Halaman Login SISPENA 2.0, Login Menggunakan NPSN Sekolah
2. Setelah berhasil login, maka kita akan masuk di halaman seperti gambar dibawah ini. Bagi lembaga yang sudah di Visitasi sekitaran Bulan Agustus kemaren, untuk Proses Akreditasi barangkali sudah masuk di tahp Validasi dan Verifikasi Assesor.
Karena lembaga sesuai gambar dibawah ini, di visitasi pada Bulan Agustus 2019 kemarena, dan sekarang sudah di tahap Validasi dan Verifikasi Assesor.

 
Silahkan rekan cek pada Fitur SISPENA 2.0, maka kita akan menemukan satu fitur baru yaitu Fitur Banding. 

Silahkan rekan klik pada Fitur Banding. Terdapat pilihan Mengajukan Banding, silahkan klik pada fitur Mengajukan Banding.

Gambar. Fitur Baru SISPENA 2.0 Fitur Banding > Mengajukan Banding
Sayangnya, Masa Banding di Lembaga kami SUDAH HABIS. Dari sini bisa kita analisa kapan waktu banding bisa dilakukan, seperti nya pada saat rentang waktu Assesor melakukan Validasi dan Verifikasi Akreditasi Lembaga. Silahkan cek tanggal assesor melakukan Validasi dan Verifikasi di dashboard Proses Akreditasi.

Gambar. Halaman Mengajukan Banding

Oleh karena itu, admin sarankan bagi Lembaga PAUD PNF yang sudah di visitasi untuk lebih rajin melakukan pengecekan Hasil Pemeriksaan EDS-PA serta Proses Akreditasi apakah sudah berada di tahap Validasi dan Verifikasi. 


Untuk diketahui bersama, fitur banding tidak dapat digunakan oleh seluruh lembaga dikarenakan fitur ini baru berfungsi setelah lembaga tersebut berada di tahap Validasi dan Verifikasi Assesor. 

Berikut ini Perbandingan Ke-II 

II. Proses Akreditasi Lembaga Sampai di Tahap Visitasi 

1.  Silahkan rekan akses kembali Aplikasi SISPENA 2.O, disini admin mencontohkan lembaga PAUD yang telah selesai Visitasi Assesor. 

2. Setelah berhasil login, maka kita akan masuk di halaman Proses Akreditasi seperti gambar dibawah ini.

Gambar. Halaman Proses Akreditasi Lembaga di Tahap Visitasi
 
 3. Silahkan rekan klilk pada Fitur Baru SISPENA 2.0, yaitu Fitur Banding > Mengajukan Banding

Maka rekan akan menemukan halaman Error seperti gambar dibawah ini. Kenapa? dikarenakan lembaga tersebut belum masuk di tahap Validasi dan Verifikasi Assesor. Karena Banding baru bisa dilakukan apabila suatu lembaga sudah berada di tahap Validasi dan Verifikasi Assesor. 

kenapa pada saat melakukan banding SISPENA 2.0 menggunakan fitur banding muncul halaman error?
Gambar. Halaman Error Fitru Banding SISPENA 2.0
 

Demikianlah informasi terbaru seputar Aplikasi SISPENA 2.0 BAN PAUD PNF, semoga dapat menambaha wawasan kita semuanya. Dan admin sarakan kepada Lembaga PAUD PNF untuk lebih sering melakukan pengecekan Aplikasi SISPENA 2.0 untuk melihat hasil pemeriksaan EDS yang sudah kita upload begitu juga sudah sampai dimana Tahap Proses Akreditasi Lembaga PAUD dan PNF. Semoga bermanfaat, salam semangat dan salam satu data.
 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fitur Baru Sispena 2.0 "Fitur Mengajukan Banding""

Posting Komentar